Kandungan Skincare Selain Alkohol yang Perlu Dihindari Kulit Sensitif

– Kandungan skincare menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli produk perawatan kulit. Bagi Kawan Puan yang memiliki kulit sensitif, pasti cukup sulit untuk memilih produk skincare yang akan kamu gunakan ya. Pasalnya, kulit sensitif itu membutuhkan perhatian khusus. Maka dari itu Kawan Puan perlu memilih skincare yang aman dan sesuai dengan jenis kulitmu.

Apabila produk skincare yang kamu aplikasikan ke kulit sensitif itu tidak cocok, alhasil akan timbul gatal gatal, ruam kemerahan, dan mungkin terasa perih. Untuk menghindari risiko tersebut, maka Kawan Puan yang memiliki kulit sensitif itu perlu memeriksa kandungan skincare . Lalu, apa saja kandungan skincare yang sebaiknya dihindari?

Berdasarkan informasi dari The Every Girl , berikut ini kandungan skincare yang sebaiknya tidak digunakan oleh pemilik kulit sensitif. Kandungan skincare pertama yang wajib dihindari pemilik kulit sensitif adalah alkohol. Produk yang mengandung alkohol dapat mengeringkan kulit dan memengaruhi proses peremajaan kulit.

Dalam arti lain, alkohol itu bisa membuat kondisi kulit sensitif menjadi buruk, oleh karenanya, kandungan ini perlu dihindari pada produk skincare mu. Wewangian atau fragrance umumnya digunakan untuk menutupi aroma yang kurang sedap dari bahan bahan pada produk perawatan wajah. Namun dmeikian, wewangian itu dapat membuat kulit sensitif menjadi kemerahan.

Sebab, wewangian adalah campuran dari bahan bahan alami dan kimia. Apabila produk skincare memiliki aroma yang mencolok, bisa jadi terdapat bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit. Jadi, saat Kawan Puan akan membeli skincare seperti toner atau yang lainnya maka perhatikan komposisinya dan pastikan tanpa pewangi.

"Beberapa jenis minyak esensial tertentu seperti bergamot, saat terkena sinar matahari akan menjadi bahan kimia dan enzim, yang dapat menyebabkan respons alergi," ujar Spesialis perawatan kulis di San Fransisco, Kristina Holey. Sementara itu minyak esensial seperti dari tea tree oil , mint, jeruk, dan lavender harus digunakan dengan hati hati, atau tidak perlu digunakan sama sekali. Sebenarnya tea tree oil itu aman untuk kulit dalalm dosis encer, namun demikian banyak produk jerawat yang mengandung minyak esensial ini dan pada akhirnya menyebabkan kekeringan dan iritasi.

Kawan Puan, kamu harus tahu bahwa ada dua jenis tabir surya atau sunscreen, yakni mineal dan kimia. Di mana tabir surya mineral memiliki dua bahan aktif yakni titanium dioksida dan seng oksida yang bekerja menghalangi sinar UV. Sementara itu chemical sunscreens atau tabir surya kimia mengandung berbagai bahan kimia yang menyerap sinar UV dan melepaskannya sebagai panas setelah reaksi kimia berlangsung.

Pasalnya, tabir surya kimia memiliki bahan aktif lebih banyak daripada versi mineral, sehingga bisa membuat kulit sensitif berisiko tinggi mengalami iritasi. Apabila kulitmu mudah terititasi, hindari penggunaan exfoliator yang terlalu keras. Sebab, jika menggunakan exfoliator yang abrasif, akan menyebabkan kulitmu menjadi meradang.

Namun demikian, penggunaan exfoliator itu penting untuk menghilangkan sel kulit mati dan membuat wajahmu lebih cerah. Di samping itu, kulit sensitif boleh menggunakan asalkan bahan eksfoliasinya lembut. Hindari penggunaan scrub dan exfoliator kimia seperti asam yang relatif keras pada kulit, sebaiknya aplikasikan asam laktat untuk kulit sensitif.

Soudium Lauryl Sulfates (SLS) merupakan salah satu kandungan yang berada di banyak produk perawatan tubuh, mulali dari sampo, sabun, dan bahkan deterjen pencuci pakaian. Untuk Kawan Puan yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari SLS. Meski bukan penyebab penyakit, tapi SLS masuk ke dalam daftar bahan yang menjadi penyebab iritasi kulit, seperti kering dan gatal gatal.

Bagaimana Kawan Puan, apakah produk skincare yang kamu miliki sudah aman dari keenam kandungan di atas? Jika belum, yuk perhatikan kandungan skincare yang aman, sehingga kulit sensitifmu tidak teriritasi. (*) Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.